Pada hari Rabu 16 Februari 2011 HMJ Ilmu Komunikasi FISIP Undip telah melaksanakan acara Bedah Peminatan di Ruang Teater Kampus FISIP Undip Tembalang,acara yang dimulai pukul 09.00 tersebut membahas mengenai program peminatan yang ada dalam Ilmu Komunikasi yaitu Komunikas Strategis dan Jurnalistik. Pada mahasiswa Komunikasi yang akan memasuki semester ke 4 (mahasiswa angkatan 2009) memang diwajibkan untuk memilih salah satu dari 2 program peminatan tersebut. Dr. Turnomo Rahardjo (Kepala Jurusan Ilmu Komunikasi Undip) yang memberikan pembukaan dalam acara tesebut menghimbau agar para mahasiswa dapat memilih program peminatan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing-masing, “jika memilih janganlah karena dipengaruhi oleh kawan,harus yang sesuai dengan keinginan pribadi,supaya kedepannya kompetensi yang ada dapat berkembang dengan optimal”. Untuk selanjutnya Djoko Setyabudi, S.Sos, MM mulai menjelaskan mengenai peminatan pada Komunikasi Strategis. Pembicara tersebut menggambarkan suasana perkuliahan yang terjadi pada kelas Komunikasi Strategis dikondisikan sama seperti yang ada di perusahaan-perusahaan yang sebenernya, “pada komunikasi strategis dikondisikan seperti di luar,ada yang berperan jadi owner dan klien pada suatu perusahaan sehingga PR (public relation) bertugas untuk menjadi seorang marketer dan memanajemen perusahaan tersebut” menurutnya komunikasi yang strategis adalah komunikasi yang disusun dengan sistematika tertentu untuk mencapai sebuah tujuan tertentu pula,strategi dan etika yang ada pada wilayah sosial tidak dapat disamakan dengan wilayah komersil maupun politik,sehingga diperlukan keahlian yang dipelajari melalui komunikasi strategis
Berbeda dengan komunikasi strategis,komunikasi jurnalistik akan lebih banyak berkecimpung pada bidang media massa seperti koran,televisi,dan radio. Pada mata kuliah Produksi Studio mahasiswa dituntut agar dapat membuat dan menulis berita,kemudian diolah dan lalu di tampilkan pada khalayak,”bahkan cara menghandle kamerapun ada ilmunya” ujar Yanuar Luqman,M.Si sebagai pembicara yang menjelaskan mengenai komunikasi jurnalistik. Nurul Hasfi, M.Si menambahkan bahwa Ilmu Komunikasi bahkan sudah mulai merambah pada dunia online journalism sebagai bentuk bahwa Komunikasi sudah mulai merambah pada dunia maya,sejauh ini Komunikasi Undip juga sudah bekerjasama dengan berbagai TV lokal dan beberapa media cetak sebagai wadah partisipasi bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip.
Selain menjelaskan mengenai bidang apa saja yang terdapat pada masing-masing program peminatan,para pembicara selanjutnya lebih cenderung menjelaskan mengenai mata kuliah yang didapat jika mengambil komunikasi strategis maupun jurnalistik. Sebagai penutup pembicara berpesan supaya peminatan manapun yang mahasiswa pilih adalah sama saja asalkan mahasiswa menjalaninya dengan serius dan terus berusaha mengembangkan potensi dirinya.
Pada sesi terakhir terdapat sesi sharing oleh mahasiswa angkatan 2008 yang mempresentasikan mengenai contoh tugas yang sudah pernah mereka kerjakan yang berhubungan dengan peminatan komunikasi strategis dan jurnalistik,diantaranya adalah tugas melakukan liputan investigasi dengan melakukan penelitian yang sebenarnya yang terjadi di lapangan yang lalu diolah dan disusun menjadi sebuah liputan berita investigasi. Dengan adanya acara ini Rindhianti Novitasari sebagai Ketua Panitia berharap dapat memudahkan mahasiswa dalam memilih peminatan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang ada.
No comments:
Post a Comment